Model OSI Layer


OSI LAYER




OSI (open system interconnection) LAYER adalah suatu strucktur bagaimana suatu packet akan di transmisikan melalui jaringan internet.
Dalam model OSI, komunikasi antara sistem komputasi dibagi menjadi tujuh lapisan abstraksi yang berbeda: Phsical, Data-Link, Network, Transport, Session, Presentation, dan Aplication.

Model OSI dibagi dalam dua group: "upper layer" dan "lower layer".
"upper layer" berfokus pada aplikasi pengguna dan bagaimana file dipresentasikan di komputer.
"lower layer". Lower layer adalah intisari komunikasi data melalui jaringan aktual bagaimana data akan ditransmisikan ke jaringan internet.


     Application Layer
Merupakan layer yang terjadinya suatu interaksi antara user dengan software. layer application ini bisa menjadi layer awal dan akhir ketika pengiriman paket terjadi.

Presentation Layer
Pada layer ini berfungsi untuk mengformat data yang dapat dipahami oleh berbagai macam media. Selain itu layer ini juga mengkoversi format data, sehingga layer berikutnya dapat memahami format yang diperlukan untuk komunikasi.
Contoh format data: text, data, graphic, visual image, sound, video.

Session Layer 
Sesi layer ini mendefinisikan bagaimana memulai, mengontrol dan mengakhiri suatu percakapan.

Transport Layer
Layer Transport Melakukan Penyusunan Packet data yang datang dan mengurutkan data yang datang apabila datangnya tidak berurutan. Selain menyatukan packet-pakcet yang telah di segmentasi, layer transport juga bisa mensegmentasi sebuah packet menjadi beberapa bagian dan memberikan penomoran (identitas) pada bagian-bagian.

Network Layer
Merupakan layer yang bertugas untuk penambahan IP Address di dalam header, dan juga berfungsi untuk menemukan best path (Jalan terbaik) untuk sebuah packet yang akan di transmisikan dari Sumber (Source) ke tujuannya  (destination).

Data-link Layer 
Merupakan Layer yang bertugas Penambahan sebuah Mac-Address di dalam header agar pada saat transmisi packet tersebut akan di teruskan(forward) oleh devices-devices yang akan dilewatinya contohnya Switch.

Layer Physical
Merupakan Layer yang berfungsi untuk mensingkronisasi bilang Biner yang akan ditransmisikan via pengkabelan dan pensinyalan.





Komentar

Postingan populer dari blog ini

Tutorial Create Certificate di OpenSSL